by. Abdul mutolib

SMS GARATIS GMAIL

Bisa SMS Gratis

Google Mail atau yang lebih kita kenal dengan Gmail kini memiliki fitur kirim dan terima SMS gratis. Bekerja sama dengan puluhan operator di berbagai negara, Anda dapat dengan mudah mengirimkan pesan singkat melalui komputer ke nomor dari operator-operator baik di dalam negeri maupun di luar negeri dengan gratis, sehingga tak perlu lagi menguras pulsa di ponsel Anda saat harus bertegur-sapa menanyakan kabar kerabat di luar sana.

Saat tulisan ini dibuat, Google telah menggandeng 6 operator tanah air yakni
Indonesia
Axis
Indosat
Telkomsel
Tri
XL
sehingga Anda dapat mengirim SMS gratis ke nomor-nomor dari enam operator tersebut.

Lalu bagaimana caranya? Pertama, Anda harus memasukkan nomor tujuan di kolom seperti pada gambar. Saat kami memasukkannya tanpa kode negara (08999xxx), GMail tetap dapat langsung mengenalinya. Setelah itu, Anda harus menyimpan terlebih dahulu nomor tersebut di buku kontak Anda dengan nama si empunya nomor.

Dalam percobaan kali ini, saya mengirimkan pesan ke nomor saya sendiri. Selesai mengetikkan pesan, Anda tinggal menekan Enter untuk mengirimnya. Tak perlu menunggu lama, pesan akan masuk dalam beberapa detik (tergantung tangkapan sinyal ponsel penerima).


Lalu, hasil kiriman Anda pada komputer juga akan tampil seperti balon chat di sisi kanan bawah layar GMail Anda. Nantinya jika penerima membalas pesan Anda, balasan tersebut juga akan langsung tertampil di situ. Namun yang perlu diingat adalah, Anda hanya memiliki kredit untuk mengirim 50 SMS. Sedangkan jika Anda menerima balasan atau SMS ke email Anda, kredit Anda akan langsung bertambah 5 (maksimal 50). Lalu bagaimana kalau masih kehabisan? Tenang saja, dalam 24 jam poin Anda akan kembali utuh.

Memblokir SMS dari GMail

Rupanya teman Anda menggunakan fitur ini untuk iseng, atau Anda mendapat teror dari pengagum rahasia Anda. Jangan khawatir, Anda dapat memblokir pesan masuk dari akun email tersebut lewat cara membalas yang mereka kirim dengan perintah BLOCK. Untuk membukanya, tinggal kirim SMS balasan UNBLOCK.



Rumah Sakit Wijaya Kusumah